Breaking News

Akankah sikap anti-pembajakan Microsoft yang kuat mendorong orang ke Linux?

Akankah sikap anti-pembajakan Microsoft yang kuat mendorong orang ke Linux?

Untuk meringkas:
“Keunggulan Asli Jendela” Microsoft dapat membuat pengguna mempertimbangkan kembali Linux. Haruskah Microsoft membuang sistem operasinya yang akan datang, Vista?

Microsoft akan merilis sistem operasi Vista baru akhir tahun ini atau awal tahun depan. Akankah sistem operasi baru ini sesukses produk Microsoft lainnya?

Keserakahan Microsoft sendiri bisa mengakhiri pemerintahan Windows sebagai sistem operasi desktop terkemuka. Untuk memerangi pembajakan, Microsoft pertama kali memperkenalkan aktivasi di Windows XP. Aktivasi harus memastikan bahwa satu salinan XP hanya dapat digunakan pada satu PC. Sangat mudah bagi peretas untuk membuat versi Windows yang menghindari aktivasi. Kemudian pada musim gugur 2004, Microsoft memperkenalkan “Windows Genuine Advantage.” Program ini dibuat untuk memungkinkan Microsoft memeriksa PC pribadi untuk melihat apakah mereka menjalankan versi XP asli atau palsu. Awalnya sukarela. Kemudian musim panas lalu, Microsoft mewajibkan untuk mengunduh perangkat lunak Microsoft gratis apa pun. Sekarang bahkan merupakan persyaratan untuk mendapatkan patch keamanan XP. Jika PC Anda gagal dalam pengujian dan Anda memiliki disk instalasi palsu yang tampaknya asli (termasuk logo holografik yang serupa dengan yang ada pada salinan asli Windows), Microsoft akan mengirimkan disk asli secara gratis sebagai ganti disk palsu. Jika tidak, untuk menjadikan Windows Anda asli, Anda harus membeli Windows XP asli atau memanfaatkan tawaran apa pun yang ditawarkan Microsoft kepada Anda.

Dengan kampanye “Windows Genuine Advantage”, Microsoft telah menjadi personifikasi “alien perusahaan” yang serakah. Karena distribusi Linux menjadi lebih baik dan lebih baik, Microsoft harus berhati-hati dalam memperlakukan penggunanya. Mereka tampaknya berpikir bahwa perangkat lunak mereka sangat bagus sehingga orang lebih suka membayar daripada beralih.

Lisensi Microsoft selalu menyatakan bahwa agar legal, Anda harus membeli lisensi untuk sistem operasi Windows atau DOS untuk setiap PC yang Anda miliki. Tapi dari hari-hari awal DOS ke Windows 2000, seseorang akan membeli sistem operasi dan menyebarkannya ke keluarga, teman, dan tetangga. Hal ini memungkinkan satu Windows 98 Second Edition untuk diinstal pada sepuluh atau lebih PC.

Linux, di sisi lain, memungkinkan Anda untuk menginstalnya secara legal di setiap komputer yang Anda miliki. Oleh karena itu, menginstal Linux pada 10 PC atau lebih tidak hanya legal, tetapi juga diinginkan sebagai bentuk iklan sistem operasi. Tetapi pengguna Windows telah melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun. Mereka telah mempromosikan Windows dengan menyebarkannya. Ini tidak legal dan Microsoft tidak memaafkannya, tetapi pembajakan Windows adalah bentuk iklan yang benar-benar membantu mempromosikan Windows dan mempertahankannya. Seperti yang Anda lihat, semua pembajakan yang merajalela ini tidak menghentikan pimpinan Microsoft Bill Gates untuk menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Baca juga:  Video Game Terasa Nyata

Ada hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memikirkan pembajakan OS. Jika Anda adalah perusahaan dengan ribuan komputer, Anda akan mendapatkan diskon khusus untuk lisensi Windows. Jika Anda pembuat PC besar seperti HP, Anda bisa mendapatkan diskon untuk Windows versi OEM. Namun, jika Anda adalah toko komputer kecil dan Anda membuat lima PC kloning sebulan, Anda harus membayar harga pengguna tunggal biasa untuk Windows asli. (Untuk XP, edisi rumahan sekitar $100, dan edisi profesional sekitar $150.) Seorang pria kecil sulit untuk mengambil dan bersaing dengan anak laki-laki besar, dan sistem operasi bajakan dapat menjadi sarana untuk menyamakan kedudukan. Pembajakan semacam itu dapat digambarkan sebagai “diskon kelas pekerja” yang sebenarnya.

Ada beberapa distribusi Linux yang sama bagusnya atau lebih baik dari apa pun yang ditawarkan Microsoft. Tetapi orang-orang masih tetap menggunakan Windows karena mereka tidak benar-benar ingin mempelajari sesuatu yang baru, dan beralih ke Linux memerlukan sedikit kurva belajar. Microsoft mungkin telah mencapai kesepakatan dengan vendor PC untuk menginstal Vista di hampir setiap merek PC utama di AS setelah diluncurkan. Agar adil, semua PC seharusnya tidak memiliki sistem operasi. Ketika seseorang memesan PC, mereka juga memesan sistem operasi, dan toko menginstalnya. Bayangkan jika orang diminta untuk memilih: “Fedora Core 4 Linux: Free” atau “Windows Vista Professional: $200.00”. Saya ingin tahu apakah mereka masih akan memilih Windows?

Microsoft sebenarnya dapat menjadikan Windows sebagai sistem operasi untuk seratus tahun ke depan. Yang harus mereka lakukan adalah memberikan Vista secara gratis saat diluncurkan. Sama seperti Linux, versi gratisnya tidak memiliki dukungan atau garansi. Mereka bahkan tidak perlu membukanya (mengungkapkan kode internalnya); membuatnya gratis. Mereka masih dapat menghasilkan uang dengan membuat Vista versi enterprise yang sangat aman, sangat disetel, dan didukung penuh dan menjualnya ke perusahaan besar yang terjangkau. Ini Linux Perusahaan seperti Redhat dan Novell. Jika Vista gratis, bajak laut akan berhenti menghasilkan uang, Microsoft akan menghemat jutaan dengan menghilangkan pelacakan “Orwellian” yang diperlukan untuk menentukan apakah Windows itu asli, dan Linux tidak lagi menjadi ancaman besar. Sayangnya, perusahaan asing cenderung hanya melihat tanda dolar.

Baca juga:  Apakah Internet Marketing Bekerja Untuk Bisnis Anda?

Microsoft harus berhati-hati dalam memperlakukan penggunanya. Mereka tampaknya berpikir bahwa perangkat lunak mereka sangat bagus sehingga orang lebih suka membayar daripada beralih.

Microsoft kemungkinan akan tetap menggunakan program “Windows Genuine Advantage” dan mencoba menggagalkan semua upaya peretasan. Bahkan jika para peretas dapat melewati kode apa pun yang dibuat oleh Microsoft, mereka akan tetap kesal karena bermain-main dengan alien perusahaan raksasa. Kemudian Vista versi bajakan akan sulit didapat. Itu akan mengakhiri manfaat periklanan yang dinikmati Microsoft dari pembajakan tak terbatas selama beberapa tahun terakhir. Windows Vista akan mulai kehilangan pangsa pasar, dan dalam 10 tahun distribusi Linux utama akan menjadi sistem operasi desktop terkemuka. Jika Linux menang, Microsoft Office juga akan digantikan oleh Open Office, dan cengkeraman Microsoft pada perangkat lunak PC akhirnya akan dipatahkan.

 

Microsoft mungkin telah mencapai kesepakatan dengan vendor PC untuk menginstal Vista di hampir setiap merek PC utama di AS setelah diluncurkan. Jika Anda menyukai Microsoft dan ingin tetap berkuasa, doronglah untuk memberikan sistem operasi Vista-nya secara gratis. Paling tidak, sarankan mereka untuk membuang program “Windows Genuine Advantage” yang mengganggu.

Jika Anda ingin mempercepat kejatuhan Microsoft. Jangan meretas, membajak, atau membeli Windows, terutama versi terbarunya, Vista. Pelajari cara menggunakan distribusi Linux favorit Anda. Anda dapat mengunduh distribusi Linux secara gratis. Bahkan dengan broadband, ini bisa memakan waktu lama. Anda dapat membeli distribusi Linux apa pun di osdisc.com dengan harga yang hampir sama dengan biaya pembuatan disk. Saat Anda membeli komputer berikutnya, pastikan untuk memuat Linux asli sebagai sistem operasi Anda. Semakin banyak Linux dibangun, semakin besar dan lebih baik perangkat lunak yang dibuat setiap orang untuknya. Anda akan mendapatkan “Linux Genuine Advantage” dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.