Breaking News

Cara Fotografer Berpengalan Mengambil Gambar Menggunakan Zoom (filter)

Cara Fotografer Berpengalan mengambil gambar

Ada cara bagi fotografer berpengalaman untuk mengambil gambar, potret, dan foto yang begitu menakjubkan yang fokus pada subjek dengan jelas dan sempurna sementara latar belakangnya kabur.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil gambar yang menakjubkan ini.
Teknis

Pertama, sebaiknya kamera yang Anda gunakan memiliki pelat gambar yang besar. Sebaiknya Anda juga menggunakan lensa yang dianggap cepat. “Cepat” dalam bahasa pemotretan berarti lensa dengan aperture lebih besar dari f2.8.

Jika aperture kamera besar, kedalaman gambar atau bidang pandang akan kecil. Dalam bahasa fotografi, ini pada dasarnya berarti bahwa area di belakang subjek maupun di depan kabur.

Sebisa mungkin, bahu dan kepala subjek harus memenuhi seluruh bingkai. Juga, jika subjeknya adalah manusia, pastikan untuk fokus pada mata subjek.

Berikut beberapa Cara Fotografer Berpengalan Mengambil Gambar Menggunakan Zoom (filter):

Teknik

Latihan benar-benar membuat sempurna. Dibutuhkan ketekunan dan juga kesabaran. Saat mengambil gambar, cobalah mengambil serangkaian bidikan dengan lensa dengan aperture lebar dan setidaknya satu atau dua stop.

Fokus pada tempat yang berbeda seperti telinga, hidung, rambut melalui bukaan yang berbeda. Ketika gambar keluar, Anda memiliki banyak pilihan berbeda untuk dipilih.

Untuk menciptakan depth of field yang dangkal, sebaiknya gunakan lensa panjang – sebaiknya telefoto – dan atur ke zoom maksimum. Kemudian cobalah untuk berdiri sedekat mungkin dengan objek tersebut.

Namun, benda yang sedang bergerak, seperti mobil. Kemudian gerakkan kamera seperti subjeknya. Atau sederhananya, tema harus diikuti. Film terbaik yang digunakan untuk bingkai seperti itu adalah film ISO 400. Juga, jangan lupa untuk mengatur kamera ke pengaturan ISO yang sama cepatnya.

Badan kamera harus diam, terutama saat memotret gambar bergerak seperti itu. Pastikan untuk fokus pada subjek yang Anda lihat melalui lensa jendela bidik. Teknik ini memastikan bahwa subjek yang Anda fokuskan jelas dan ekspresif, sedangkan latar belakangnya kabur yang indah.

Efek foto

Percaya atau tidak, ada juga cara sederhana dan bebas stres untuk membuat efek foto serupa tanpa menggunakan metode ini. Ini dimungkinkan oleh keajaiban perangkat lunak. Photoshop memiliki fitur “blur” yang secara independen mengaburkan latar belakang gambar, serta mengotentikasi bagaimana seorang fotografer yang paham secara teknis dapat membuat foto asli. Kekaburan perangkat lunak adalah dan terlihat artifisial, sedangkan keburaman nyata lebih organik.

Baca juga:  Apa itu mobil Nitro RC

Untungnya atau sayangnya, teknologi perangkat lunak berkembang, dan tersedia versi Photoshop CS2 yang memungkinkan siapa saja untuk membuat blur yang dianggap “pintar”. Fungsi ini memperhitungkan kedalaman bidang dalam gambar. Ini pada dasarnya berarti bahwa fitur tersebut menerapkan banyak keburaman pada piksel yang tampak lebih jauh dan menerapkan lebih sedikit keburaman pada piksel yang tampak lebih dekat. Percaya atau tidak, fitur ini dapat disesuaikan sehingga setiap orang dapat mencapai efek yang diinginkan.

Secara umum depth of field merupakan konsep yang cukup mudah untuk dipahami, terutama bagi mereka yang serius dengan seni dan profesi fotografi. Hanya dibutuhkan banyak kesabaran, ketekunan dan hati untuk belajar, serta pikiran yang terbuka terhadap kesalahan dan secara bertahap mengoreksinya untuk menciptakan gambaran yang sempurna.

Zoom (filter)

Jika Anda seorang fotografer atau hanya seseorang yang senang mengambil gambar dengan kamera Anda, terutama kamera refleks lensa tunggal (SLR), Anda perlu tahu untuk apa zoom itu. Lensa zoom terpasang ke kamera dasar Anda sehingga Anda dapat fokus pada subjek Anda dengan benar. Ini mirip dengan filter yang juga Anda tambahkan ke kamera untuk mendapatkan efek tertentu.

Di masa lalu, Anda melihat seorang fotografer membawa tas kameranya yang besar dengan sekitar setengah lusin lensa berbeda. Masing-masing lensa ini memiliki panjang fokus tetap dan hanya dapat digunakan untuk jenis bingkai fokus tertentu. Jika seorang fotografer ingin mengambil sesuatu dari sudut yang berbeda, ia harus mengganti lensa. Ini memakan waktu dan dapat mengakibatkan hilangnya tampilan bingkai yang bagus.

Menggunakan dan membawa semua lensa ini setiap kali Anda mengambil gambar bisa menjadi beban besar, belum lagi mahal. Berkat teknologi kami yang terus berkembang, lensa zoom telah diperkenalkan. Saat menggunakan lensa zoom, Anda dapat memiliki satu lensa yang mencakup kisaran yang sama dengan tiga atau lebih lensa dengan panjang fokus tetap. Ini memungkinkan fotografer mengubah sudut pandang secara instan dibandingmenggunakan lensa jadul.

Lensa zoom telefoto sangat bagus untuk potret, lanskap, perjalanan, fotografi luar ruangan, dan olahraga.

Fitur lensa zoom

Berikut adalah beberapa fitur dari kebanyakan lensa zoom yang tersedia:

  • 1. Fokus makro. Fitur ini memungkinkan lensa untuk fokus pada jarak dekat. Untuk menentukan seberapa dekat lensa dapat fokus, lensa memiliki faktor reproduksi. Rasio reproduksi 1: 4 berarti bahwa lensa dapat fokus pada subjek sehingga jika subjek berdiameter 4 inci, itu hanya akan menjadi 1 inci dalam gambar.
  • 2. Kontrol zoom sekali sentuh. Kebanyakan lensa zoom hanya memiliki satu cincin yang mengontrol fokus dan zoom pada saat yang bersamaan.
  • 3. Bukaan lensa. Ada lensa zoom yang hanya memiliki satu aperture maksimum, sementara yang lain memiliki dua, seperti f2.8-4.0. F-number berubah saat zoom berubah.
Baca juga:  9 Tips Menghemat Dan Menabung untuk Pelajar

Tips membeli lensa zoom

Jika Anda berencana membeli lensa zoom, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah rentang panjang fokus. Untuk mengetahui kisaran panjang fokus yang tepat untuk dibeli, Anda perlu menentukan tujuan lensa. Jika Anda pikir Anda akan menggunakannya terutama untuk perjalanan dan liburan, zoom jarak menengah sudah cukup. Namun, jika Anda berencana menggunakannya untuk olahraga dan potret, zoom telefoto adalah pilihan yang lebih baik.

Ukuran dan berat lensa juga diperhitungkan. Umumnya, lensa yang lebih besar dan lebih berat biasanya lebih cepat. Satu dengan rentang zoom lebar mungkin lebih besar.

Kecepatan lensa penting jika Anda berencana menggunakan lensa untuk fotografi dalam ruangan. Lensa yang lebih cepat memberikan lebih banyak cahaya, membuatnya lebih mudah untuk memotret dalam cahaya rendah.

Jika Anda menggunakan banyak filter, sebaiknya pertimbangkan ukuran zoom sehingga Anda dapat memuat sebanyak mungkin filter. Jika Anda ingin foto close-up, Anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi kamera untuk pemfokusan makro. Jika Anda menginginkan fleksibilitas, sebaiknya gunakan zoom dengan fokus makro berkelanjutan daripada terbatas.

Tentu saja, seperti produk lainnya, harga harus diperhitungkan. Semakin baik fungsi lensa zoom, semakin mahal harganya.

Lensa zoom benar-benar investasi yang bagus jika Anda memikirkan bisnis fotografi. Bahkan jika Anda tidak memilikinya dan Anda hanya ingin memotret, lensa zoom masih merupakan pilihan yang baik. Anda dapat mengambil bidikan yang bagus pada sudut dan jarak yang berbeda.

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk membelinya, putuskan terlebih dahulu bagaimana Anda berencana menggunakan lensa sehingga Anda dapat membuat pilihan yang tepat. Saat Anda semakin tertarik dengan hobi atau profesi ini, Anda dapat membeli berbagai jenis zoom. Mengenakan hanya satu atau dua lensa zoom bukanlah ide yang buruk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.